Welcome to The Family

Sabtu, 19 April 2014

Cara Reset Ink Cartridge Epson T11/T20

Pada printer Epson T11/T20, akan mengalami kondisi di mana kedua lampu menyala tanpa kedip yaitu hijau dan merah. Pada kondisi ini printer tidak dapat digunakan untuk mencetak. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tekan tombol merah satu kali dan lepaskan, maka cartridge akan berjalan ke kiri kemudian ke tengah.
2. Karena pada T11/T20 tidak bisa menggunakan tombol resetter pada cartridge, maka kita lakukan secara manual, yaitu dengan mengangkat cartridge lalu pasang kembali.
3. Selanjutnya tekan lagi tombol merah satu kali, maka cartridge akan berjalan ke kanan kemudian mulai memproses penstabilan.
4. Jika sudah berhasil maka lampu merah padam dan lampu hijau menyala normal.
5. Ulangi lagi langkah-langkah jika belum berhasil.

Apabila sudah beberapa kali tapi tidak berhasil, maka ada beberapa kemungkinan:
- chip cartridge bermasalah. Biasanya chip kotor oleh tinta, atau dalam beberapa kasus pada printer lama chip cartridge terkena korosi/karat, jika itu terjadi bersihkan saja dengan penghapus karet. Jangan menggunakan logam karena dapat membuat tembaga pada chip terkikis. Jika masih tidak bisa maka gantilah dengan chip atau cartridge yang baru.
- pada printer infus, biasanya selang infus tersangkut. Selang yang tersangkut menyebabkan sensor di dalam printer tidak merespon gerakan carriage (tempat cartridge), sehingga lampu indikator merah menyala. Lakukanlah tata ulang pada selang infus.

Apabila mengalami kasus di atas dan cara-cara tersebut masih belum berhasil, konsultasikanlah pada teknisi printer.
Jika ada pertanyaan silakan masukkan di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar